Sabtu, 21 Maret 2015

Bunga


 Bunga atau kembang (bahasa Latin: flos) adalah alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae, "tumbuhan berbiji tertutup"). Pada bunga terdapat organ reproduksi, yaitu benang sari dan putik.
Bunga dapat muncul secara tunggal maupun bersama-sama dalam satu rangkaian. Bunga yang muncul secara bersama-sama disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence. Pada beberapa spesies, bunga majemuk dapat dianggap awam sebagai bunga (tunggal), misalnya pada Anthurium dan bunga matahari. Satuan bunga yang menyusun bunga majemuk disebut floret.
Secara botani, bunga adalah bagian tanaman untuk menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang lebih lanjut membentuk buah. Pada tumbuhan berbunga, buah adalah struktur yang membawa dan melindungi biji.
(menurut wikipedia)

1. sturuktur Bunga 

bunga mempunyai bentuk dan warna yang beraneka ragam tergantung pada spesies atau jenisnya. Akan tetapi bunga pada tumbuhan mempunya struktur dasar yang sama. Struktur bunga terdiri dari kelopak, mahkota, benang sari, dan putik.

a. kelopak bunga (kalik)
jika bunga kita lihat dari atas, bagian terluar adalah klopak. Klopak pada umumnya berwarna hijau, walaupun ada juga yang berwarna-warni. Kelopak berfungsi melindungi bagian dalam bunga, terutama pada bunga yang masih kuncup.

b. Mahkota Bunga (korola)

Mahkota bunga terletak disebelah dalam kelopak. Mahkota bunga biasanya berukuran lebih besar dari pada kelopak. Mahkota bunga pada umumnya mempunyai bentuk dan warna yang beraneka ragam dan berfungsi untuk menarik serangga penyerbuk.

c. Benang Sari (stamen)

di sebalah dalam mahkota terdapat benang sari. Benag sari pada bunga berperan sebagai lat kelamin jantan. Benang sari terdiri dari kepalasari dan tangkai sari. di dalam kepala sari terdapat kantong serbuk yang menghasilkan serbuksari yang berisi sel klamin jantan (sperma)

d . Putik (pistillum)

bagian yang paling tengah dari bunga adalah putik. Pada bunga sempurna, putik dikelilingi oleh beberapa benang sari. Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki putik dan benang sari dalam satu bunga. Putik terdiri atas bagian kepala putik, tangkai putik, bakal biji (ovul), baka buah (ovari) dan sel telur (ovum). seltelur adalah sel kelamin betina sehingga putik berperan sebagai alat klamin betiana

2. Fungsi Bunga

     Fungsi utama bunga adalah sebagai alat perkembang biakan secara generatif pada tumbuhan. Alat perkembang biakan  bunga berupa benang sari dam putik. Benang sari merupakan alat kelamin jantan, sedangkan putik merupaka alat klamin jantan.
     Fungsi lain dari bunga adalah sebagai alat perhiasan . Alat perhiasan bunga yang terdiri dari kelopak dan mahkota, tidak semua bunga mempunyai kelopak dan mahkota . bunga yang memiliki alat perkembang bikan (putik dan benang sari) dan alat perhiasan disebut bunga lengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar